RANGKUMAN KICK ANDY

KICK ANDY

Jum’at, 5 Oktober 2012
Pukul 21.30 WIB



Sebuah teroborasan baru yang di lakukan oleh SMPK Kudus dimana di tengah maraknya proses kuropsi di negara ini. SMPK Kudus membuat sebuah sistem yang di dalam banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil diantara program yang dibuat yaitu warung kejujuran. Sebuah warung yang di dirikan oleh pihak sekolah  dimana dalam pelaksanaannya seorang siswa/siswi dapat membeli sesuatu yang ia butuhkan tanpa pengawasan dari seorang penjaga toko dan proses transaksi pembayarannya juga dilakukan sendiri tanpa pengawasan seorangpun. Yaitu dengan cara para siswa/siswi membeli barang dan harga telah ditentukan oleh pihak sekolah lalu ia mencatat sendiri dibuku lunas atau bond yang artinya apabila seorang siswa/siswi membeli dan ia membayar lunas ia dapat mencatat trasanksi tersebut di buku lunas dan bagi para siswa/siswi yang melakukan proses pembelian secara kredit/hutang ia dapat mencatat di buku bond. Dan uang yang ia keluarkan untuk pembelian dapat di masukan atau di taruh di kotak yang telah disediakan oleh pihak sekolah tersebut. Selain warung kejujuran SMPK Kudus juga membuat telfon kejujuran. Berawal dari sebuah kejadian yang cukup merugikan pihak sekolah yaitu pada saat sebuah kebijakan yang dibuat oleh sekolah dimana setiap siswa/siswi yang mempunyai telfon genggam atau handphone wajib menitip kan kepada pihak sekolah pada saat proses belajar mengajar dimulai dan dapat di ambil kembali pada saat pulang sekolah. Pada suatu ketika kejadian yang cukup merugikan itu ialah terjadi kehilangannya handphone seorang murid yang berkisaran harga dua juta lima ratus ribu rupiah. Sehingga pihak sekolah harus mengganti handphone yang hilang tersebut. Atas kejadian itu pihak sekolah menggagaskan ide yaitu di adakannya telfon kejujuran yang bisa digunakan kapan saja oleh para siswa/siswi yang proses pembayarannya dapat dilakukan sama dengan proses transaksi yang terjadi pada warung kejujuran. Selain itu SMPK Kudus juga membuat ermainan ular tangga yang dibuat sendiri oleh pihak sekolah dimana didalam permainan tersebut ditanamkan nilai-nilai moral, budi pekerti, etika dan sebagainya. Sehingga siswa/siswi dapat mengetahui mana tindakan yang melanggar hukum dan mana tindakan yang tidak melanggar hukum.
Dan selain SMPK Kudus ada juga seorang siswa SMP dari Bandung yang juga melakukan bentuk keras terhadap korupsi dimana ia membuat sebuah games yang diberi nama “RAID THE RATS”. Games tersebut mengaplikasikan bentuk penolakan terhadap koruptor yang jelas sangat merugikan bagi negara Indonesia. Disamping itu sebuah karya film layar lebar yang berjudul kita vs korupsi berceritakan tentang sebuah semangat anti korupsi juga sukses dibuat oleh laysa dan kawan-kawan.
Dan dari ini semua dapat saya simpulkan bahawasannya disamping korupsi yang semakin merajalela di negara ini juga tumbuh banyak kalangan yang sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran, moral, etika dan budi pekerti. Dimana semua itu adalah modal dasar kita dalam melawan korupsi atau sebuah bentuk penanaman modal dasar bagi generasi muda agar korupsi di negara ini bisa segera berakhir. Dan satu hal yang perlu kita ingat penanaman nilai kejujuran, moral, etika dan budi pekerti  dimulai sejak usia dini akan mengantarkan kita ke pada bangsa yang lebih bermoral, bermartabat, lepas dari kemiskinan, kesejahteraan secara merata dan tentu saja akan memajukan bangsa Indonesia kita ini dari segala keterpurukan.

Sumber :

Read Users' Comments (0)

0 Response to "RANGKUMAN KICK ANDY"

Posting Komentar