Tugas Soft skill Bahasa Indonesia ke 3
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada perusahaan jasa, pelayanan merupakan strategi
perusahaan untuk merebut pangsa pasar dalam menghadapi persaingan dengan
memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas untuk memuaskan konsumen.
Konsumen akan mendapat kepuasan apabila persepsi akan suatu produk atau jasa
sama atau lebih dari yang diharapkan yang salah satunya adalah dari pelayanan
yang diberikan oleh penyedia jasa. Salah satu perusahaan jasa yang berkembang
saat ini adalah bisnis restoran.
Restoran adalah suatu tempat yang
diorganisasi secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik
kepada semua tamunya baik berupa makanan dan minuman. Tujuan operasi restoran
tidak hanya untuk mencari keuntungan, tetapi juga membuat puas para tamu atau
konsumen yang datang.
Dewasa ini persaingan antara bisnis
restoran makanan semakin ketat yang ditandai dengan banyaknya restoran yang
tumbuh dan berkembang. Persaingan ini juga disebabkan karena semakin tingginya
tingkat konsumtif masyarakat terhadap makanan, yang merupakan urutanteratas
dalam pemenuhan kebutuhan primer manusia. Untuk dapat unggul dan mampu
mempertahankan usaha serta pelanggannya, perusahaan harus bisa memberikan nilai
yang lebih dari pesaingnya melalui upaya-upaya yang kreatif dan inovatif.
Mie ayam Haji Koko merupakan salah
satu restoran makanan cepat saji yang sangat potensial karena memiliki beberapa
faktor penunjang diantaranya letak yang strategis. Mie ayam Haji Koko terus
berkembang karena memiliki tekat dan komitmen untuk terus memberikan yang
terbaik kepada pelanggannya, salah satunya dengan memberikan pelayanan yang
profesional yaitu menyajikan makanan dengan cepat dan tepat.
Berdasarkan uraian diatas maka
penulis ingin mencoba membahas tentang masalah ini sebagai objek dalam tugas
ini, dengan judul: “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MIE AYAM
HAJI KOKO”.
1.2
Rumusan Masalah
Rumusan
masalah :
Kepuasan konsumen sangat berpengaruh
sekali bagi perkembangan Mie ayam Haji Koko dimasa mendatang. Dengan adanya
permasalahan tersebut maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.
Berapa besar
tingkat kepuasan konsumen pada Mie ayam Haji Koko?
2.
Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada
Mie ayam Haji Koko?
Batasan
masalah:
Dalam penulisan ini penulis
membatasi masalah pada analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Mie
ayam Haji Koko pada bulan Mei 2012.
1.3
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1.
Sebagai
pendorong untuk meningkatkan pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, seperti
keramahan, kesopanan,dan ketepatan.
2.
Untuk mengetahui
dan menganalisis dengan menggunakan metode uji normalitas satu proporsi dan
LSR.
1.4
Manfaat Penelitian
1. Manfaat Akademis : penulis
mambahas masalah ini untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada Mie
ayam Haji Koko.
2.
Manfaat Praktis : Penulis membahas masalah kepuasan konsumen ini sebagai
masukan untuk Mie ayam Haji Koko dalam meningkatkan tingkat pelayanan terhadap
konsumen.
1.5
Metode Penelitian
1.5.1
Objek Penelitian
Objek penelitian dilakukan pada Mie
ayam Haji Koko di jalan Kecapi raya, Jatiwarna, Bekasi.
1.5.2
Data/Variabel
Data yang diambil penulis adalah
data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, dalam
hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek yang
bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada
Mie ayam Haji Koko yang ditemui di lokasi penelitian.
1.5.3
Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan
metode penelitian langsung, yaitu dengan cara pengumpulan data kualitatif:
a.
Riset lapangan
Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada
responden dan pihak-pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan
data dalam penelitian ini, data tersebut yaitu mengenai mana responden, jenis
kelamin, pekerjaan dan lain-lain.
1.5.4
Hipotesis
Hipotesis yang akan dibuktikan oleh
penulis yaitu:
a.
Ho : konsumen
merasa puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
Hi : konsumen merasa tidak puas terhadap
pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
b.
Po>50% = Puas
Po<50% = Tidak Puas
1.5.5
Alat Analisis yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk
mengelolah data dalam penulisan ilmiah ini adalah Uji Normalitas Satu Proporsi
dan Likert’s Summated Rating (LSR).
2.1 kerangka teori
2.1.1
Pengertian
pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu komponen penting dari
manajemen suatu perusahaan disamping unsur lain yang membentuknya yaitu
komponen keuangan, produksi, dan sumber daya manusia.
Pengertian definisi pemasaran telah banyak
dijabarkan oleh para pakar ekonomi, seperti dijelaskan oleh Philip kotler dan
Amstrong didalam bukunya dasar-dasar pemasaran (1997;6), yang menyebutkan :
“pemasaran
adalah suatu proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain”.
2.1.2
Pengertian jasa
Menurut DR. Basu Swasta (2000;488) definisi jasa
adalah kegiatan manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk jual beli.
Menurut Philip Kotler (2002;486) pengertian jasa
adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak
kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan
kepemilikan apapun.
2.2
kepuasan
pelanggan
faktor penting yang sekarang harus diperhatikan saat
ini adalah kepuasan pelanggan. Jika pelanggan tidak puas maka ia akan
menghentikan dan berpindah ke tempat lain yang lebih baik. Semua upaya yang
akan dilakukan untuk mencapai mutu dan memberikan pelayanan yang unggul tidak
ada artinya sama sekali jika tidak berusaha untuk memuaskan pelanggan.
Kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan bahwa
harapannya telah terpenuhi atau terlampaui (Richard.F.Gerson,2004;3).
Faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan adalah mutu dan pelayanan. Mutu dan pelayanan adalah sarana untuk
mencapai kepuasan dan ikatan (Richard.F.Gerson,2004;4). Kepuasan konsumen akan
terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari si pemberi jasa kepada konsumen
sesuai dengan apa yang dipersepsikan konsumen.
2.3
Alat analisis
·
Uji Normalitas
Satu Proporsi
Untuk mengetahui
prilaku konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, maka dugunakan
analisis uji normalitas satu proporsi. Pengabilan data dilkukan dengan
wawancara pada 50 responden dimana langkah-langkah pengujian hipotesis proporsi
yang digunakan adalah satu proporsi. Menurut Ronal E. Walpole (1992;317),
langkah-langkah pengujian hipotesisnya adalah :
1.
Tentukan
hipotesis
Ho : P = Po,P< Po,
P>Po
Hi : P = Po,P>Po, P<Po
2.
Tentukan α dan
wilayah kritik (Z)
3.
Statistik uji Z
= X-(n.Po)
√n. Po.Qo
4.
Dimana P :
proporsi yang diinginkan/ diharapkan
Po :
proporsi keberhasilan yang diHipotesiskan
Qo :
Proporsi kegagalan
Po + Qo = 1
N :
Banyaknya sampel
X :
Banyaknya keberhasilan dari sampel
α :
Tingkat kesalahan
Ho :
Hipotesa awal yang diharapkan akan ditolak
Hi :
Hipotesa alternative
·
Metode Liker’s
Summated Rating (LSR)
LSR adalah metode pengukuran sikap (Atitude) yang
banyak digunakan dalam penelitian social karena kesederhanaannya. LSR sangat
bermanfaat untuk membandingkan skor sikap seseorang dengan distribusi skala
dari sekelompok orang lainnya, serta untuk melihat perkembangan atau perubahan
sikap sebelumnya dan sesudah eksperimen atau kegiatan.
4.1
Objek penelitian
Objek penelitian dilakukan pada Mie ayam Haji Koko
di jalan Kecapi raya, Jatiwarna, Bekasi.
3.2
Data/Variabel
Data yang diambil penulis adalah
data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, dalam
hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek yang
bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada
Mie ayam Haji Koko yang ditemui di lokasi penelitian.
3.3
Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan ilmiah ini penulis
menggunakan metode penelitian langsung, yaitu dengan cara pengumpulan data
kualitatif:
a.
Riset lapangan
Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada
responden dan pihak-pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan
data dalam penelitian ini, data tersebut yaitu mengenai mana responden, jenis
kelamin, pekerjaan dan lain-lain.
3.4
Hipotesis
Hipotesis statistic adalah pernyataan atau dugaan
mengenai satu atau lebih populasi. Benar atau salahnya suatu hipotesis tidak
akan pernah diketahui dengan pasti, kecuali bila sudah memeriksa sampel yang
dijadikan bahan pengujian.
Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu:
a.
Ho : konsumen
merasa puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
Hi : konsumen merasa tidak puas terhadap
pelayanan pada Mie ayam Haji Koko.
b.
Po>50% = Puas
Po<50% = Tidak Puas
3.5
Alat Analisis yang Digunakan
·
Uji Normalitas
Satu Proporsi
Untuk
mengetahui prilaku konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, maka
dugunakan analisis uji normalitas satu proporsi. Dengan menggunakan rumus
sebagai berikut :
Statistik uji Z = X-(n.Po)
√n. Po.Qo
Dimana P : proporsi
yang diinginkan/ diharapkan
Po
: proporsi keberhasilan yang
diHipotesiskan
Qo
: Proporsi kegagalan
Po + Qo = 1
N
: Banyaknya sampel
X
: Banyaknya keberhasilan dari
sampel
α : Tingkat kesalahan
Ho
: Hipotesa awal yang diharapkan akan
ditolak
Hi
: Hipotesa alternatif
Peolakan Ho membawa kita pada
penerimaan Hi
·
Liker’s Summated
Rating (LSR)
LSR
ini merupakan jenis skala yan digunakan untuk mengukur variable penelitian.
Pada setiap item jawaban memiliki nilai dari yang tertinggi sampai terendah,
yaitu sebagai berikut :
a.
Sangat setuju bernilai
5
b.
setuju bernilai 4
c.
ragu-ragu bernilai 3
d.
Tidak setuju bernilai 2
e.
Sangat tidak
setuju bernilai 1
Langkah pengujuan hipotesis
·
1908 x 100% = 76,32% dibulatkan menjadi 80%
2500
Po
= 0,8
·
Po > 50% puas
Po
< 50% tidak Puas
Ho
: diterima
Hi : ditolak
Saran
Saran yang dapat
disimpulkan kepada Mie ayam Haji Koko sebagai berikut :
1.
Mie ayam Haji
Koko harus lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanannya agar konsumen
semakin puas dengan pelayanan yang diberikan.
2.
Perlu dibuat potongan
harga bila ada acara khusus agar pelanggan bertambah lebih banyak.
Bonuses & Promotions At Casinos.info
Find 알바로 모라타 Bonuses & Promotions At Casinos.info 1xbetkorea which 골인 벳 먹튀 has the biggest bonuses and promotions 인생도박 for UK 윈윈벳먹튀 players. Signup offers for new players.